BPPRD Lampung Tengah Himbau Pengusaha Taat Pajak Bpprd Lampung Tengah





BPPRD Lampung Tengah Himbau Pengusaha Taat Pajak

Di publikasi pada : 2017-09-06 07:40:41

Lampung Tengah- Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Pemkab Lamteng) melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) setempat ‎terus berupaya mencari wajib pajak baru. 

Di  mana masyarakat dihimbau agar mendaftarkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)-nya.

‎"Retribusi PAD Lamteng masih didominasi oleh pendapatan pajak PBB yang mencapai Rp 15 miliar pertahun," ujar Kepala BPPRD Lamteng Yunizar kepada awak media di ruang kerjanya, Jum'at (05/05/2017).

Tak hanya itu, BPPRD juga melakukan penertiban banner spanduk ilegal yang tidak berizin supaya melakukan pengurusan izinnya.

"Kita tawarkan pada pengusaha silahkan kalau mau pasang di mana saja namun kita himbau buat izinnya dulu,"‎ katanya.

Ia menerangkan, jika pengelolaan pajak banner atau spanduk dikelola dengan baik tentunya akan menghasilkan PAD yang baik pula.

"Bila dihitung-hitung retribusi pajak bener atau spanduk ini pertahunnya bisa mencapai Rp 2 miliar. Jika dikelola dengan baik sudah pasti akan lebih meningkat," terangnya.

Kemudian untuk pengelolaan pajak perhotelan ditergetkan mencapai Rp 400 juta, penghasilan dari retribusi ini pun juga terus digenjot agar terus meningkat.

"Yang pasti fokus kita dalam penanganan di BPPRD ada 11 katagori pajak retribusi yang masih bisa di kembangkan, diantaranya pajak Air Tanah, Rumah Makan, Parkir, Burung Walet, Hiburan, Hotel, PBB, BPHTB, Penerangan Jalan, Bener, Mineral Bukan Logam," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, upaya untuk menggenjot PAD di Lamteng, BPPRD juga melakukan jemput bola kepada wajib pajak di Lamteng. Salah satunya dengan memberi himbauan kepada para pelaku usaha untuk melakukan pembayaran jika kontrak bener yang dipasang habis. Atau pelaku usaha yang melakukan pembayaran selama satu tahun, untuk melakukan registrasi ulang seperti contoh pengurusan BPHTB.

Perlu juga diketahui dalam waktu dekat ini, BPPRD Lamteng juga akan mengulirkan sebuah program trobosan untuk mempermudah para wajib pajak melakukan pembayaran.

 

"Yakni program yang sedang digarap adalah program pembayaran pajak melalui kantor pos. Jadi para wajib pajak nantinya bisa melakukan pembayaran pajak seperti misal PBB dan lain sebagainya melalui Kantor Pos," pungkasnya.(Dodi)

Kembali